Tips Aman Jual Beli Mobil Online
Tips Aman Jual Beli Mobil Online

Tips Aman Jual Beli Mobil Online

Juni 21, 2022
0 Semua Komentar

Mau Beli mobil? Awas Jadi Korban! Ini Tips Menghindari Penipuan Sales Mobil. Agar tidak menjadi korban, ada beberapa tips untuk bisa menghindari penipuan yang dilakukan sales mobil. Kami akan coba membeberkan tips berikut pada artikel berikut ini.

Sebagai pembeli mobil kita juga wajib pintar agar bisa menghindari penipuan dari sales mobil di diler. Pasalnya sudah ada banyak orang yang menjadi korban penipuan dari oknum sales nakal.

Para oknum nakal ini sebenarnya memang sudah memiliki itikad jahat untuk bisa mengelabui konsumen yang datang ke diler. Beberapa waktu lalu ramai diberitakan ada beberapa orang yang menjadi korban kasus penipuan sales.

Hal inilah yang membuat kami ingin membeberkan beberapa tips guna menghindari penipuan yang dilancarkan oknum sales diler mobil.

Tips Menghindari Penipuan Saat Beli Mobil:

Datang ke Diler
Tips menghindari penipuan oleh sales mobil pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mendatangi ke diler. Namun jangan hanya datang saja, sebaiknya cari tahu juga mengenai reputasi diler dan tenaga penjual yang ada di sana.

Jika Anda berkenalan dengan sales mobil di pameran yang ada di mall atau lokasi lain, sebaiknya ajaklah sales mobil tersebut untuk bertemu di diler. Hal ini bisa meminimalisir potensi Anda menjadi korban penipuan.

Jangan lupa juga untuk mencari tahu asal-usul sales tersebut kepada beberapa orang yang ada di diler. Gunanya untuk mendapatkan informasi mengenai reputasi sales tersebut kepada orang terdekat yang kenal di diler.

Pastikan Identitas Jelas dan Sesuai
Jika berkenalan dengan sales mobil di pameran atau di luar diler jangan lupa perhatikan identitas lengkapnya. Tanyakan siapa nama lengkapnya maupun nama panggilan yang ditujukan kepadanya agar mudah mengenalinya.

Jangan lupa sambangi diler di tempat ia bekerja tanpa sepengetahuan sales tersebut. Setelah itu carilah informasi apapun mengenai nama sales di diler tempat ia bekerja.

Sales mobil resmi yang baik biasanya juga akan memberikan segala informasi mengenai dirinya. Jangan lupa, reputasinya pun juga akan baik di mata teman sekantornya.

Bertemu Atasan Sales
Menemui atasan atau supervisor sales di tempat ia bekerja juga bisa menjadi salah satu tips menghindari penipuan dari oknum sales mobil nakal. Kalau masih kurang puas juga Carmudian bisa sekalian meminta bertemu dengan kepala cabang di diler tersebut.

Jangan lupa untuk meminta nomor telpon dari Supervisor atau Kepala Cabang diler tersebut. Tujuannya agar memudahkan Carmudian ketika sewaktu-waktu menjadi korban penipuan dari sales yang ada di sana.

Berkonsultasi dengan atasan dari sales tersebut juga boleh dilakukan oleh calon konsumen. Misalnya dengan menanyakan stok dan warna yang tersedia, bonus yang didapat, hingga diskon yang didapat saat akan melakukan pembelian.

Jangan Tergiur Harga Murah
Mendapatkan mobil dengan harga murah tentu jadi keinginan hampir semua orang. Namun kalau harga yang ditawarkan kelewat murah dan terlalu banyak bonus yang diberikan sebaiknya Anda wajib curiga.

Untuk menghindari menjadi korban penipuan dari sales mobil, sebaiknya Anda jangan mudah tergiur dengan banderol murah yang ditawarkan. Biasanya semakin murah mobil yang ditawarkan, pelayanan after sales-nya lebih kurang memuaskan.

Ada pepatah berbunyi: “Ada Rupa Ada Harga, Ada Harga Ada Kualitas”, nampaknya ada benarnya. Ingat, jangan sampai terjebak omongan manis dari sales lantaran ditawari harga murah, ya.

Membandingkan Harga
Tips selanjutnya guna menghindari sales mobil nakal bisa dengan melakukan perbandingan harga. Ketika hendak membeli mobil, carilah banyak informasi dari diler dan sales yang menawarkan diskon. Anda bisa melihat daftar harga jual mobil sebagai referensi pada tautan Beli Mobil.

Setelah itu, lihat perbandingannya antara diler satu dengan lainnya. Ada sebagian orang yang membeli mobil di diler yang lokasinya sangat jauh dari rumah lantaran bisa mendapatkan diskon sangat besar.

Cara Aman Saat Transaksi Beli Mobil

Transfer ke Rekening Resmi
Jika sudah benar-benar yakin untuk membeli mobil di diler XYZ dengan sales mobil ABC, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Nah, ketika hendak melakukan pembayaran ini usahakan Anda membayar ke nomor rekening resmi dari diler tersebut.

Jangan pernah mau melakukan transaksi ke nomor rekening pribadi sales tersebut dengan alasan apapun. Jika sales tersebut tetap kekeuh meminta Anda, sebaiknya cari sales mobil yang lain.

Melakukan transaksi di luar nomor rekening yang sudah ditentukan memperbesar potensi Anda menjadi korban penipuan. Satu hal yang harus Anda ingat, selama mobil yang ingin dibeli merupakan salah satu produk terlaris jangan pernah takut kehilangan stok.

Cari sales dan diler mobil lain jika Anda dipaksa melakukan transaksi ke rekening pribadi. Lebih baik kehilangan waktu untuk mencari tempat lain daripada kehilangan uang yang belum tentu akan kembali kepada Anda.

Minta Tanda Bukti
Jika transaksi sudah terjadi, maka Anda wajib mendapatkan tanda bukti pembayaran dari mobil yang dibeli. Seharusnya pihak sales lah yang terlebih dahulu memberikan tanda bukti ini kepada konsumennya.

Dalam bukti tersebut tertera jumlah pembayaran, pemesanan tipe dan varian mobil, tanggal transaksi, dan tanda tangan dari pihak diler. Jika sewaktu-waktu terjadi hal tidak diinginkan, maka Anda memiliki bukti keabsahan pembayaran yang sudah dilakukan.

Amit-amit kalau Anda menjadi korban penipuan setidaknya masih bisa melaporkan bukti palsu tersebut kepada kepala cabang atau pihak diler.

Menggunakan Referensi Sales Mobil
Cara terakhir yang bisa menjadi tips menghindari penipuan sales mobil adalah dengan menggunakan referensi sales. Anda bisa menggunakan sales mobil dari seseorang yang sudah pernah melakukan pembelian dengan sales tersebut.

Misalnya ada kerabat atau saudara Anda yang membeli mobil dengan sales BCD. Kemudian kerabat atau saudara Anda ini cukup puas dengan pelayanan yang diberikan.

Anda bisa menghubungi sales tersebut untuk melakukan pembelian mobil. Cara ini cukup sering dilakukan oleh mereka yang ingin membeli mobil.

Referensi ini bahkan sangat penting bagi seseorang yang ingin membeli mobil. Di sisi lain sales senang lantaran bisa mendapatkan konsumen baru, di sisi lain Anda juga lebih percaya lantaran memiliki kenalan sales yang cukup terpercaya.

Beberapa hal di atas bisa menjadi sedikit tips untuk menghindari Anda dari sales mobil yang nakal. Sebelum benar-benar membeli mobil baru, alangkah baiknya Anda melakukan beberapa hal di atas yang sudah kami sebutkan.

Sumber: Awas Jadi Korban! Ini Tips Menghindari Penipuan Sales Mobil

Tambah Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua Komentar (0)

Cloud Hosting Indonesia
Kategori

Recent Posts

Grab Mobil, situs Jual Beli Mobil Bekas Dan Mobil Baru Yang Berkualitas. Tempat Kredit Mobil Murah & Cepat. Jual Beli Mobil Jadi Mudah, Aman, Dan Tanpa Ribet.
Copyright © 2021. All rights reserved.